Kemana Larinya Uang Jamaah First Travel?

Sedih juga mendengar cerita orang-orang yang gagal umroh first travel. Jumlahnya mencapai 35.000 jamaah. Total kerugian mencapai 500 milyar. Kok tega banget ya first travel berbuat seperti itu. Menghalangi orang beribadah saja dosa besar, apalagi penipuan.

Beberapa kali nonton berita wawancara dgn polisi sepertinya mengarah ke penipuan. Wallahu a'lam. Sudah sejak dua tahun lalu first travel bermasalah. Tapi paket promo tetap mereka jual. Jadi ada 3 paket umroh: promo, reguler, dan VIP. Promo merugi. Katanya uang keuntungan reguler dan VIP untuk yg promo. Jadi semacam di subsidi. Tp anehnya 35 ribu jamaah promo gagal berangkat. Jadi harus diusut uangnya lari kemana, diinvestasikan lagi dan merugi atau gimana.

First travel wajib mengembalikan uang jamaah. Kasihan jamaah yang sudah menunggu terlalu lama. Polisi harus mengusut tuntas aset pemiliknya. Jangan mengandalkan rekening yang ada yang hanya berisi uang recehan. Jangan sungkan-sungkan dimiskinkan. Kondisi jamaah harus didahulukan ketimbang kondisi pemilik first travel. Ini bukan bisnis. Ini ibadah. Kalau mau bisnis, jangan jualan umroh tapi jualan travel yang lain saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?