Wafat Ketika Sedang Menelaah Al Quran

Ibnu Babisyadz adalah ulama nahwu juga perawi hadits yang wafat tahun 469 H. Para ulama mengisahkan peristiwa wafat ulama Mesir ini. Kala itu Ibnu Babisyadz melakukan penelaahan terhadap Al Quran selama 17 tahun untuk mengkaji makna dan hukumnya di Masjid Amr bin Ash.

Saat itu beliau sampai kepada surat At Takatsur, dan beliau menelaah huruf demi huruf sambil menaiki tangga ke atas atap masjid. Tanpa disangka, tiba-tiba beliau terjatuh dari tangga dan meninggal di waktu itu. Semoga Allah merahmti. (Ad Durar Al Muanadzdzam fi Ziyarah Jabal Al Muqaththam, hal. 283)

Pelajaran dari kisah ini: 
Pertama, mempelajari isi Al Quran tidak cukup dilakukan sekali atau dua kali saja, setahun atau dua tahun saja, bahkan ia adalah seumur hidup kita. Karena setiap kali kita membacanya, ia akan memberikan pelajaran berharga.

Kedua, begitu bersemangatnya Imam Ibnu Babisyadz dalam menelaah Al Quran. Hingga sedang naik tangga pun beliau masih menyempatkan diri menelaah Al Quran. Hal ini menunjukkan kecintaan beliau terhadap Al Quran. Semoga Allah merahmati beliau.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?