Ilmu Membawa Manusia Takut Kepada Allah

Ketika saya memikirkan tentang definisi ulama, saya membaca ayat ini, “Sesungguhnya hamba yang paling takut kepada Allah adalah ulama.” (S. Fathir: 28)

Dalam kehidupan ini manusia terbagi ke dalam dua golongan:
Pertama golongan orang yang bodoh. Maka kebodohannya itulah yang menjadi penyebab rendahnya rasa takut kepada Allah. Kedua, golongan orang yang berilmu. Pada golongan ini masih bisa diharapkan takut kepada Allah. Mungkin karena dorongan hawa nafsu, ia melupakan apa yang ia ketahui sebelumnya. Namun ketika diingatkan, ia kembali sadar, meneteskan airmata dan bertaubat karena kesalahannya itu. Sedangkan bagi orang yang bodoh, ia tidak tahu untuk apa ia bertaubat, untuk apa ia beramal saleh. Ketika di ajak untuk berbuat kebaikan, ia malah memusuhinya.

Saya pernah meneliti tentang orang-orang yang masuk Islam dan keluar dari Islam. Siapa mereka dan mengapa mereka masuk dan keluar dari Islam. Ternyata kebanyakan dari mereka yang masuk Islam adalah orang-orang yang berilmu. Sudah jauh-jauh hari mereka mempelajari Islam, bahkan semua agama. Lalu mengadakan perbandingan, maka mereka menyimpulkan bahwa Islamlah agama yang benar dan sangat rasional. Sedangkan bagi mereka yang murtad, saya mendapati kenyataan kebanyakan dari mereka keluar agama bukan karena alasan yang masuk akal. Mereka murtad karena iming-iming materi. Bahkan karena sekedar roti dan mie instan mereka rela menjual keyakinan mereka.

Ibnu Mas'ud Radhiyallahu anhu berkata, "Cukuplah bahwa ilmu itu membuat orang takut kepada Allah, dan bahwa kebodohan itu membuat orang menipu Allah." Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, "Takut kepada Allah hanya terjadi pada orang-orang berilmu." Imam Syafi'i rahimahullah berkata, "Ilmu mendorong seseorang untuk beramal."

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan menuntut ilmu, terutama ilmu-ilmu agama, karena faedahnya akan kembali kepada penuntut ilmu itu sendiri. Orang yang berilmu lebih memiliki peluang untuk takut kepada Allah ketimbang yang tidak. Semakin banyak menuntut ilmu, semakin besar peluang untuk takut kepada Allah. Semakin banyak menuntut ilmu, semakin besar pula peluang untuk beramal saleh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?