Beginilah Ketidakadilan PBB

Saya terkesan dengan pernyataan Presiden Filipina yang mengancam akan keluar dari PBB karena ikut campur dengan kebijakan yang diambil pemerintah Filipina saat ini yang menghukum mati pengedar Narkoba. Setidaknya ini adalah contoh mereka yang berani menyuarakan ketidakadilan PBB. Bagaimana tidak? PBB begitu cepat bertindak dengan kebijakan yang baru dimulai dan kebijakan tersebut pun bisa dikatakan positif. Sementara ratusan ribu hingga jutaan orang terbunuh akibat kebiadaban Amerika dan Zionis mereka biarkan!
Hingga saat ini PBB sangat bisa dikatakan mandul dalam menghasilkan tindakan yang efektif untuk menciptakan perdamaian dunia. Hal ini terjadi karena dua hal: Pertama, PBB berada di Amerika Serikat yang notabene sebagai polisi dunia.
Kedua, adanya hak veto dan hanya dimiliki oleh 5 negara maju saja. Negara yang punya Hak Veto ini dapat membatalkan seluruh keputusan PBB meskipun Mayoritas negara telah menyetujuinya! Sebagai contoh Amerika Serikat memveto Palestina meskipun 139 dari 193 Negara Telah mengakuinya! Contoh lain resolusi PBB no 3379, tentang Palestina yang menetapkan Zionis menjadi Rasis dan Diskriminasi Rasial kemudian di veto Amerika Serikat sehingga resolusi tersebut tidak benar-benar terjadi. Contoh veto empat negara lainnya tidak perlu disebutkan disini satu persatu karena daftarnya sangat panjang.
Jadi, bagaimana PBB bisa berlaku adil bila begini kondisinya? Bagaimana mungkin 5 negara dapat mewakili 188 negara lainnya yang berbeda-beda dan punya kepentingan serta kebutuhan yang berbeda-beda pula? Bagi saya, saat ini PBB hanyalah bahasa halus untuk menindas negara-negara kecil dan lemah untuk mau menuruti keinginan negara-negara maju. Jadi bila dikatakan PBB itu Persatuan Babu Babu tidak salah juga. Pada gilirannya negara-negara yang berada di dalamnya ibarat babu-babu yang hanya mengikuti majikannya.

Komentar

  1. Exactly. Saya juga sangat menyesalkan mengapa hak veto pengunaanya tidak dibatasi. Kalau hasil akhirnya selalu amerika menggunakan hak vetonya, lalu buat menfaat adanya mufakat?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?