Siyasah Politik dan Rangkap Jabatan di PKS


Beberapa pejabat daerah dari PKS kini merangkap sebagai pengurus partai. Saya tahu ini bagian dari siyasah. Karena bisa dikatakan, parpol lain sudah melakukan hal yang serupa dan mereka sangat memanfaatkan itu untuk meraih kekuasaan sebanyak-banyaknya mulai dari legislatif, yudikatif hingga eksekutif.

Salah satu parpol yang sangat memanfaatkan ini adalah partai Nasdem. Partai ini tergolong baru dibanding PK(S) yang sudah berdiri tahun 1999. Nasdem berdiri tahun 2011 tapi melejit cukup jauh setelahnya. Selain tentu saja karena memiliki jaringan media tapi itu bukan faktor utama. Kalau adu²an soal media tentu masih kalah oleh Hari Tanoe tapi nyatanya partai Perindo tidak lolos ET.
Banyak kepala daerah yang kemudian di serobot oleh Nasdem. Apalagi jika kepala daerah itu berasal dari jalur non parpol. Hal ini bagi kedua belah pihak saling menguntungkan ibarat mutualistik simbiosis. Pejabat butuh parpol untuk mengamankan kekuasaannya, parpol butuh pejabat untuk memperluas kekuasaannya.
Tapi cara PKS tentu bukan "selicik" itu, karena pejabat yang dimaksud adalah memang betul² kader yang sudah dibina sekian lama. Kita lihat saja terobosan ini apakah akan membuahkan hasil yang signifikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?