Dzikir Digital Di Era Milenial

Beberapa waktu lalu saya diberi tasbih digital oleh seorang Al akh. Katanya, sempatkan untuk beristighfar 1000 x setiap hari. Di sela-sela kesibukan saya, saat berkendaraan dan selepas shalat, saya sempatkan beristighfar 1000 x setiap hari. Ternyata tidak terasa saya melewati angka itu. Bahkan menambah dengan zikir-zikir lain. Tasbih digital ini banyak membantu saya untuk konsisten berzikir sesuai dengan batasan jumlah yang diinginkan.

Dalam bukunya yang berjudul Jalan Ruhani, Syaikh Said Hawwa membuat bab yang membahas pentingnya wiridan harian. Menurut beliau, kebiasaan dan rutinitas yang melekat pada Rasulullah dan para sahabatnya dalam melakukan qiyamul lail dan amalan-amalan tertentu menjadi indikator bahwa mereka memiliki wirid harian.

Itulah sebabnya, wirid harian tidak semestinya dilalaikan dalam kehidupan seorang muslim sebab ia merupakan bekal dan santapan sehari-hari agar menjadi pribadi yang istiqomah dan senantiasa dalam perilaku dan akhlak yang baik. Disamping itu, kita akan mendapat kecintaan dari Allah swt. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw., "Dan sesungguhnya amal perbuatan yang paling disukai Allah adalah amal perbuatan yang terus menerus walaupun sedikit." (HR. Bukhari dan muslim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?