Inilah Waktu Terbaik Khusyu Membaca Al Quran

Bila ingin bacaan Quran meresap di hati, bacalah ia disepertiga malam. Karena di saat itu adalah waktu kita sangat dekat dengan Allah. Waktu di mana hanya ada kita dengan Allah. Kita mencurahkan segenap perasaan, keluh kesah, airmata dan kesedihan kita kepada-Nya tanpa ada rasa malu dan tanpa merasa riya. Bagaimana hati tidak menjadi berkesan, bagaimana airmata tidak meleleh membasahi pipi, bagaimana antusias beribadah tidak tumbuh.
Sesungguhnya waktu yang paling indah bagi orang-orang saleh adalah di sepertiga malam. Berlalunya tanpa makna dan ibadah membuat mereka bersedih. Lebih sedih daripada kehilangan dunia yang ada di dalam genggaman mereka.
Duhai, bagaimana mungkin mereka mampu mengemban amanah Al Quran sementara mereka tidak beribadah di sepertiga malam. "Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat." (QS. Al Muzammil: 5)
Yang dimaksud "perkataan yang berat" adalah Al Quran. Untuk mengemban perkataan yang berat itu, orang-orang beriman membutuhkan bekal yang cukup sehingga ia dapat menanggung kesulitan atau kepayahan yang akan dihadapinya, dan ia dapat berdiri berhadapan dengan perbuatan-perbuatan maksiat dan hal-hal yang dapat menggodanya sambil memperlihatkan senjatanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia

Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?